TIPS MERANCANG BUNGA - BAGIAN 2


3. Buatlah penataan ini secara tematik. Maksudnya, sesuaikan penataan dengan bunga-bunga yang memiliki karakter formal, seperti anggrek bulan, lili, rose, serta melati. Namun, sebaliknya, pilih bunga-bunga sperti bunga pisang-pisangan, sepatu, kamboja, yang bisa divariasikan dengan bunga-bunga taman hunian, jika acara tidak begitu formal. Variasikan dengan penataan liar maupun buah-buahan, agar suasana tampil lebih semarak, hangat, serta akrab. Jangan lupa, warna-warna bunga serta buah sangat membantu penciptaan suasana yang diinginkan.

4. Penempatan rangkaian bunga tak harus berada di atas meja. Dirangkai dalam piguran cantik dan dipasang pada bidang dinding maupun diletakkan di atas pedestal menjadi alternatif pilihan dalam mendisplai. Pilihlah skala meja yang sesuai dengan ukuran skala rancangan penataan bunga.
TIPS MERANCANG BUNGA
5. Untuk menyelaraskan serta mengharmonisasikan tata letak (komposisi) rangkaian, sebaiknya hadirkan alas meja(taplak) yang bertekstur simpel.

6. Pilih vas bunga yang disesuaikan dengan sifat atau kondisi acara yang berlangsung. Selain itu, jika bunga yang dipilih cukup memiliki karakter bagus, upayakan agar vas yang hadir justru memiliki karakter simpel. Hal ini dilakukan agar titik fokus perhatian terpusat pada satu objek saja (rangkaian bunga atau vas).
TIPS MERANCANG BUNGA
7. Pencahayaan sangat membantu mendramatisasikan suasana. Oleh karena itu, hadirkan lampu-lampu yang sesuai dengan karakter bunga. Lampu teplok, lilin, maupun lampu sorot lainnya menjadi alternatif pilihan. Arahkan bias cahaya pada salah satu titik yang menjadi pusat perhatian Anda.
TIPS MERANCANG BUNGA
     Beberapa langkah di atas merupakan persiapan Anda dalam perencanaan rangkaian bunga beserta komposisi tata letaknya. Masih banyak lagi yang bisa dicobakan untuk merangkai bunga melalui materi lokal, yang mudah didapat, serta dengan harga murah.