Hotel di Kehijauan Hutan Tropis - Bagian Keempat


Bar hotel di puncak tangga ganda, dihiasi patung­patung Komoro yang memperkaya pemandangan lanskap dari arah jendela. (bawah)

suku Komoro dan Asmat yang mengasimi­lasikan bangunan dengan budaya lokal jelas menambah keistimewaannya di samping tata letak bangunan yang menyusup ke hutan.  Berbagai ukiran mulai dari pernik mungil hingga patung berukuran tiga meter terdapat pada area bar dan halaman masuk.
Tipikal rumah lrian memang tidak terda­pat dalam arsitektur hotel bergaya tropis yang didesain simpel klasik berdasarkan kondisi alam dan ketersediaan materi.
Cool. Hotel di Kehijauan Hutan TropisWood, Hotel di Kehijauan Hutan Tropis
Di tepi kolam renang yang menyerupai laguna, sosok rumah lrian hadir dalam fungsinya sebagai bar.
 Hotel di Kehijauan Hutan TropisHotel di Kehijauan Hutan Tropis
Hotel di Kehijauan Hutan Tropis
Namun, di tepi kolam renang yang menye­rupai laguna, sosok rumah lrian hadir dalam fungsinya sebagai bar,
Sebuah museum bernama lrian Jaya Room di dalam hotel dibangun untuk menghormati penduduk lokal serta budaya mereka.  Sarana video digunakan untuk me­nampiikan sejarah natural dan kultural yang dipertunjukkan dalam format besar.  Reser­vas alam dan budaya lokai memang tetap mer)lad tujuar hotel yang pembangunan nya berlangsung pada 1992 h ngga 1994.  Rebo sas hutan pun menjadi salah satu program d dalam proses pengembangan arsitektur berwawasan lingkungan ini