DESAIN TAMAN MULTIFUNGSI - BAGIAN 1 - PEMANFAATAN POTENSI LAHAN.


     Bentuk lahan memanjang yang berkontur menurun ke arah padang golf di samping tapak, dimanfaatkan pemilik secara maksimal. Pemanfaatan potensi lingkungan tersebut dipadu dengan kepekaan menata area luar aktifmaupun pasif menjadikan halaman rumah multifungsi. Sebuah tempat untuk berelaksasi, berolahraga, atau menyelenggarakan pesta taman di lingkup kehijauan tanaman tropis.

PEMANFAATAN POTENSI LAHAN.
Kontur menurun halaman samping, yang dibatasi aliran sungai dan padang golf, dimanfaatkan secara maksimal oleh pemilik dalam menetapkan fungsi dan rancangan lanskap tapak. Pada posisi tertinggi halaman dibuat area duduk terbuka -- dilindungi kerimbunan pohon rambutan -- sebagai tempat menikmati pemandangan. Bidang lantai area ini sekaligus berfungsi sebagai atap ruang kebugaran yang ada di bawahnya dan langsung membuka ke area kolam renang.
DESAIN TAMAN MULTIFUNGSI
     Terletak sekitar tiga setengah meter lebih rendah dari area duduk, area kolam renang bersifat lebih privat (karena tak langsung terlihat dari rumah). Di salah satu sudut area ini hadir sebuah menara kul-kul  (kentongan Bali). Lantai bawah menara tersebut dilengkapi dengan perangkat bar yang dapat digunakan saat pesta, sedangkan lantai atas menjadi tempat ideal untuk memandang keindahan lingkungan sekitar.